KODE IKLAN DFP 1 Membuat Telaah Struktur Teks Dongeng Fantasi Berguru Dari Gajah Mada | kumpulan ilmu dan pengetahuan penting

Membuat Telaah Struktur Teks Dongeng Fantasi Berguru Dari Gajah Mada

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Salah satu potongan dalam buku teks bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VII (7) yakni menciptakan telaah terhadap struktur teks dongeng fantasi. Yang dimaksud dengan telaah, yakni pencermatan terhadap sebuah teks dongeng fantasi.

Karena yang akan ditelaah yakni sebuah teks dongeng fantasi menurut struktur teksnya, maka harus diketahui terlebih dahulu apa saja struktur teks dongeng fantasi.



Adapun struktur teks dongeng fantasi mencakup tiga pokok utama, yaitu adanya orientasi, komplikasi, dan orientasi.

Seperti yang telah diketahui, stuktur teks dongeng fantasi potongan orientasi berisi pengenalan potongan cerita. Baik latar maupun tokoh yang terdapat dalam teks dongeng fantasi tersebut. Bagian komplikasi teks fantasi menggambarkan permasalahan-permasalahan yang dialami oleh para tokoh dalam cerita. Sementara potongan resolusi, berisi ihwal cara menuntaskan problem (komplikasi).

Dalam menciptakan telaah teks dongeng fantasi, diharapkan dua hal pokok. Yaitu pemahaman terhadap struktur teks cerita, ibarat yang telah dijelaskan di atas. Juga pemahaman terhadap dongeng yang sedang ditelaah.

Nah, dalam goresan pena kali ini, yang akan ditelaah yakni pola teks dongeng fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada. Untuk lebih mengenal siapa sih tolong-menolong Patih Gajah Mada itu. Bisa dibaca dalam artikel: Biografi Singkat Gajah Mada, Candi Trowulan dan Teks Cerita Fantasi

Ada baiknya, sebelum menciptakan telaahnya lebih dulu dibaca teks dongeng fantasi 'Belajar dari Gajah Mada'.

Setelah membaca teks dongeng fantasi 'Belajar dari Gajah Mada' kita sanggup melanjutkan untuk menelaahnya.

Di buku teks bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama kelas 7, sudah ada pola telaah terhadap teks dongeng fantasi. Contoh telaah itu sengaja dibentuk rumpang, biar siswa berlatih sendiri untuk melengkapinya. Akan tetapi, biasanya siswa tetap kesulitan membuatnya. Maka dari itu, dalam artikel ini disediakan hasil telaah yang masih rumpang, sekaligus satu pola telaah teks dongeng fantasi Belajar dari Gajah Mada yang sudah utuh.

Contoh telaah teks dongeng fantasi Belajar dari Gajah Mada menurut struktur teksnya.

(Contoh yang masih rumpang/belum lengkap).

Cerita fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada mempunyai potongan struktur erita yang lengkap yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. Alur dimulai dari orientasi, komplikasi, dan diakhiri resolusi. Bagian orientasi berupa ....................................................................................................
.......................................................

Bagian komplikasi berupa ................................................................................................................. ...................... ........................................... ............................

Bagian resolusi berupa.................................. .................................................................................. ....................... .................................. ......................................

Cerita fantasi tersebut memakai latar lintas waktu. Cerita dimulai dengan latar Candi Penataran lalu tokoh mengalami kejadian asing yang membawa para tokoh ke zaman Kerajaan Majapahit.


Contoh telaah teks dongeng fantasi Belajar dari Gajah Mada yang sudah lengkap.

Cerita fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada mempunyai potongan struktur erita yang lengkap yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. Alur dimulai dari orientasi, komplikasi, dan diakhiri resolusi. Bagian orientasi berupa pemaparan ihwal bawah umur yang sedang melaksanakan kiprah penelitian di Candi Trowulan.

Bagian komplikasi berupa rangkaian masalah-masalah yang dialami oleh para siswa. Anak-anak itu menerima problem sebab tidak sanggup pulang. Jika ingin pulang harus sanggup memberi tanggapan yang memuaskan. Jawaban para anak itu masih kurang memuaskan Gajah Mada sebab hanya menurut kepandaian otak. Maka, bawah umur itu lalu memperlihatkan tanggapan yang memperlihatkan perjuangan untuk menjadi baik. Belajar jujur dengan tidak mencontek. Belajar disiplin dengan tidak terlambat. Sopan dan menghargai orang lain.

Bagian resolusi berupa kembalinya bawah umur tersebut sesudah memperlihatkan tanggapan yang memperlihatkan bahwa mereka sedang berguru menjadi anak baik. Jadi, yang terpenting dan lebih dihargai oleh Gajah Mada yakni menjadi orang baik. Bukan sekadar menjadi orang pandai saja.

Cerita fantasi tersebut memakai latar lintas waktu. Cerita dimulai dengan latar Candi Penataran lalu tokoh mengalami kejadian asing yang membawa para tokoh ke zaman Kerajaan Majapahit.

Baca Juga:
- Komplikasi dan Rangkaian Peristiwa Teks Belajar dari Gajah Mada
- Resolusi (Penyelesaian Masalah) Teks Belajar dari Gajah Mada

Demikian pola telaah struktur teks dongeng fantasi berguru dari Gajah Mada. Jadi, dikala ada soal dari guru, 'buatlah telaah struktur teks dongeng fantasi!' sanggup menciptakan ibarat ini ya. Kalau ceritanya beda, bukan Cerita Belajar dari Gajah Mada. Tinggal menyesuaikan saja.
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2