KODE IKLAN DFP 1 Keunggulan Unisnu Jepara Sebagai Kampus Tebaik Berbasis Nahdlatul Ulama | kumpulan ilmu dan pengetahuan penting

Keunggulan Unisnu Jepara Sebagai Kampus Tebaik Berbasis Nahdlatul Ulama

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
UNISNU atau abreviasi dari Universitas Islam Nahdlatul Ulama ialah sebuah perguruan tinggi tinggi yang didirikan di Jepara dan menjadi salah satu perguruan tinggi tinggi Islam favorit di Indonesia. Lokasi UNISNU tepatnya di Jalan Taman Siswa (Pekeng), kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

Profil Singkat Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara

 ialah sebuah perguruan tinggi tinggi yang didirikan di Jepara dan menjadi salah satu perguruan tinggi  Keunggulan UNISNU Jepara Sebagai Kampus Tebaik Berbasis Nahdlatul Ulama Dengan moto “The Inspiring University”, perguruan tinggi tinggi swasta ini mempunyai visi untuk mengakibatkan sumber daya insan yang unggul lewat perguruan tinggi tinggi berbasis Islam, yang beriman, bakir dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan seni budaya, serta berakhlakul karimah (berlandaskan nilai-nilai Aswaja – Ahlussunnah Wal Jamaah). Keunggulan inilah yang akan dihasilkan oleh UNISNU :  meluluskan sarjana yang berkarakter, cendikia, dan tentunya mempunyai adab yang mulia. UNISNU tergolong sebagai perguruan tinggi tinggi baru, didirikan pada tahun 2013 lalu.

Pada awalnya UNISNU merupakan 3 kampus berbeda yang berada dalam Yayasan Asosiasi Perguruan Tinggi Islam Nahdlatul Ulama (YAPTINU). 3 kampus tesebut yakni STIENU atau Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama, INISNU atau Institut Islam Nahdlatul Ulama, dan STTDNU atau Sekolah Tinggi Teknologi Nahdlatul Ulama Jepara. 3 institusi pendidikan ini melebur menjadi satu menjadi UNISNU yang dikenal kini ini, menurut pola surat keputusan Dirjen Dikti Kemendikbud bertanggal 26 April 2013.

Program Kuliah Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara

Karena merupakan adonan dari 3 kampus, UNISNU membuka beberapa kemudahan yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa baru. Kemudahan kegiatan ini ialah :
  • Program Reguler
  • Program Kuliah Online
  • Program Kuliah Sore
  • Program Kuliah Ekstensi (kuliah yang dilakukan pada simpulan pekan saja, Sabtu dan Minggu)
  • Dan kegiatan Jarak Jauh. Program Jarak Jauh difokuskan di SD Kriyan, SD Bangsri dan SD Bugel.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara

Bersumber dari situs resmi unisnu.ac.id, UNISNU menyediakan 3 fakultas yang berfokus pada fatwa agama Islam, serta 2 fakultas lainnya yang berkonsentrasi pada ilmu ekonomi dan IPTEK, dan 15 Program Studi strata 1 dan pasca sarja atau strata 2. Lebih lengkapnya, Fakultas dan Jurusan/Studi yang ada di UNISNU ialah :

1. Dakwah dan Komunikasi

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) menyediakan kegiatan studi Penyiaran dan Komunikasi Islam. UNISNU mempunyai visi utama dalam fakultas ini, yaitu mewujudkan sumber daya insan yang mempunyai kompetensi terbaik dan ideal khususnya dalam bidang penyiaran dan komunikasi Islam. Tentunya SDM ini diharuskan mempunyai kapabilitas, integritas, dan wawasan Islam yang tinggi, serta berhaluan Aswaja (Ahlussunnah wal Jamaah).

Selain itu, Fakultas Dakwah dan Komunikasi juga sebagai wahana pengkajian dan pengembangan komunikasi serta pernyiaran agama Islam, yang bertujuan untuk melahirkan jago komunikasi dan penyiaran Islam yang berakhlakul karimah (berakhlak terpuji).
Mahasiswa yang lulus dari Fakultas dan Program Studi ini, akan disematkan titel S.Kom. I (Sarjana Komunikasi Islam).

2. Syariah dan Hukum

Fakultas Syariah dan Hukum UNISNU menghadirkan 2 Prodi (Program Studi) unggulannya, yaitu Prodi Al Ahwal Al Syakhsyiyyah atau Hukum Keluarga Islam dan Prodi Perbankan Syariah. Tujuannya ialah mencetak generasi terdepan dalam pengamalan, pembiasaan dan penyelesaian permalasalan ekonomi, sosial dan agama, khususnya di wilayah Kab. Jepara. Fakultas Syariah dan Hukum menempuh langkah untuk tetap menjalankan Hukum Islam dalam penerapannya di bidang ekonomi (berkonsentrasi pada perbankan syariah), sosial dan agama (berkonsentrasi pada Hukum Keluarga Islam) yang tetap responsif, dinamis dan berkembang sesuai tuntutan zaman.
Mahasiswa yang lulus dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) akan bertitel S.H.I, abreviasi dari Sarjana Hukum Islam.

3. Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Kemampuan intelektual dan profesionalitas tinggi, serta berakhlakul karimah ialah hal penting yang harus dipunyai tenaga pendidik Agama Islam. UNISNU melalui Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mempunyai visi tersebut dengan landasan doktrin Ahlussunnah wal Jamaah, sehingga sanggup mewujudkan pendidikan yang lebih dinamis, berkualitas dan akuntabel, mulai pendidikan tingkat dasar hingga menengah di masa mendatang. Teknologi pembelajaran yang dipakai mencakup konvensional dan digital yang terpadu, menyerupai melakukan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta dedikasi pada masyarakat.

Dalam FTIK terdapat 2 prodi unggulan : Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Prodi PAI telah meluluskan alumni professional di bidangnya, serta terjun eksklusif dalam kehidupan bermasyarakat, baik pada forum pendidikan formal maupun informal.

Prodi PBI menerapkan sistem pembelajaran yang berjuluk Blended Learning, yakni perpaduan antara cara berguru dan mengajar konvensional menyerupai classroom teaching dengan teknologi digital dengan mengintegrasi TIK (Teknik Ilmu Komputer), yang didalamnya berisikan metodi e-learning, m-learning, web-enhanced learning, dan sebagainya.
Mahasiswa yang lulus dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan akan mendapat titel yang berbeda. Bagi lulusan Prodi PAI akan bertitel S.Pd. I atau Sarjana Pendidikan Islam, dan bagi lulusan Prodi PBI akan bertitel S. Pd atau Sarjana Pendidikan.

4. Ekonomi dan Bisnis

FEB, abreviasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, mempunyai 3 prodi yakni Prodi Managemen, Prodi Akuntansi, dan Prodi Ekonomi Islam.
Prodi Manajemen dan Akuntansi sudah dilaksanakan sebelumnya semenjak STIENU masih berdiri. Hingga dikala ini lulusan Ilmu Managemen STIENU telah tersebar dan sukses bekerja sebagai pegawai negeri, karyawan BUMN dan Swasta, serta bekerja di industri kayu kerajinan dan mebel yang sangat berkembang di Kab. Jepara.

FEB UNISNU mempunyai kemudahan lengkap penunjang kegiatan berguru dan mengajar menyerupai gedung representatif berlantai 3, built-in sound system, AC, LCD and projector, hotspot internet facility, laboratorium komputer dan bahasa Inggris, akuntansi, perpajakan dan ruang seminar. Ada pula laboratorium penunjang tiap prodi, yaitu laboratorium mini bank dan wirausaha. Sistem pembelajarannya pun dipadukan dengan sistem e-learning, sehingga memudahkan mahasiswa dalam memperolah informasi dalam studi maupun informasi penting lainnya.

5. Sains dan Teknologi

Fakultas Saintek mempunyai 8 prodi unggulan, yaitu : Desain Produk, Desain Komunikasi Visual (DKV),  Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Elektro dan Budidaya Perairan. Fasilitas yang disediakan F. Saintek terbilang lengkap, dengan adanya Lab. Komputer Pemrograman dan Audio/Video, lab. Beton, lab. Elektro, lab. Mikrobiologi, lab. Praktikum Bengkel, Industri dan Finishing, studio grafis dan fotografi, serta ergonomi.

Yang menarik, dalam Prodi Desain Produk, mahasiswa bisa eksklusif mempelajari bagaimana cara menentukan kayu yang baik sebagai materi baku industri kerajinan dan mebel yang dikala ini menjadi komoditas utama Kabupaten Jepara, baik dalam skala nasional maupun internasional. Pengarahan terbaik disampaikan dalam mata kuliah Ilmu Perkayuan, sehingga menghasilkan lulusan yang tak sekedar menajdi ‘tukang kayu’ menyerupai halnya yang dimitoskan orang Jepara kebanyakan, namun juga mencetak lulusan yang beintegritas, mengerti dan memahami seluk beluk perkayuan sehingga bisa masuk ke dalam industri perkayuan dan mebel Jepara.

UNISNU juga menyediakan kegiatan Pasca Sarjana, yang disiapkan untuk mencetak lulusan berdaya saing lebih berpengaruh dalam menghadapi arus mobilitas kerja dan invansi absurd ke Indonesia. Dengan tetap berlandaskan doktrin Ahlussunah wal Jamaah serta memadukan teknologi dan metode pengajaran modern di dalamnya, UNISNU optimis menjadi salah satu perguruan tinggi tinggi Islam yang patut diperhitungkan dalam mencetak lulusan berintegritas, profesional, dan berakhlakul karimah.
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2